Saturday, June 4, 2016

petinju legendaris muhammad ali meninggal dunia

Legenda tinju dunia, Muhammad Ali meninggal dunia di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat pada hari Jumat (3/5/2016) malam waktu setempat, demikian yang dilansir oleh CNN.
                                         Menurut juru bicara Keluarga Ali, Bob Gunnell, Ali yang berusia 74 tahun dan telah lama menderita Parkinson, telah dirawat di rumah sakit sejak hari Kamis (2/5) akibat adanya permasalahan pada pernapasan.

"Setelah 32 tahun melawan penyakit Parkinson, Muhammad Ali meninggal dunia pada usia 74 tahun. Tiga kali juara dunia kelas berat tiada malam ini (3/5). Keluarga Ali berterima kasih kepada semua pihak atas doa dan dukungan yang diberikan, dan mereka meminta privasi untuk saat ini," ujar Gunnell dalam pernyataan resminya.



Berdasarkan informasi yang dikutip dari BBC, Ali akan dimakamkan di kota kelahirannya di Louisville, Kentucky.

Dalam beberapa tahun terakhir, Ali jarang tampil di hadapan publik. Penampilan terakhirnya adalah pada 9 April 2016, di mana ia menghadiri acara amal untuk penderita Parkinson di Phoenix. Tak hanya dikenal sebagai legenda tinju, Ali juga memang dikenal sebagai aktivis sosial.

Ali lahir di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat dengan nama Cassius Clay, pada 17 Januari 1942. Ia mulai menggeluti olahraga tinju di kelas amatir pada usia 12 tahun, pada 1964 menjadi juara kelas berat setelah menang KO atas Sonny Liston. Pada tahun yang sama, ia memeluk Islam dan mengubah namanya menjadi Muhammad Ali.

Karir gemilang Ali sempat terhambat selama 3,5 tahun pada era 1960an, setelah ia menolak mengikuti wajib militer Amerika Serikat dalam perang Vietnam. Ia pun kembali meraih gelar juara kelas berat sebelum memutuskan pensiun pada tahun 1981

Ali juga tercatat menjadi orang pertama yang merebut gelar juara dunia tinju kelas berat selama tiga kali, yakni pada 1964 sampai 1967, lalu 1974-1978, dan 1978-1979. 
Ali akhirnya menyatakan mundur dari dunia tinju pada 1981, setelah memenangi 56 partai dari 61 pertarungan profesionalnya. Dari 56 pertandingan tinju yang dilakoninya, sebanyak 37 kali Ali memukul knock-out (KO) lawannya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : petinju legendaris muhammad ali meninggal dunia

0 comments:

Post a Comment